Awan Berbentuk Tsunami Hiasi Langit Makassar, Langsung Viral di Sosmed

oleh

SUARATA | Awan berbentuk mirip gelombang tsunami terlihat di langit kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa (1/1).

Penampakan awan tersebut diabadikan dalam foto dan video oleh sejumlah masyarakat dan sempat viral di media sosial.

Tak hanya menghebohkan warga sekitar, awan bentuk tsunami ini juga ramai dibagikan warganet ke media sosial. Yang akhirnya menjadi viral di Instagram.

Dikutip Kumparan.com, menurut keterangan dalam unggahan akun Instagram @makassar_iinfo, awan berbentuk tsunami ini terjadi dua kali yaitu pagi hari pukul 8.00 WITA dan sore hari.

Seorang saksi mata yang melihat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengatakan awan tersebut muncul selama 15 menit sebelum akhirnya terurai dan hilang. Sebelum muncul, lagit dilaporkan mendung kemudian diikuti angin kencang hingga gerimis.

Pihak BMKG mengatakan bentuk awan tersebut lazim terjadi. Awan berbentuk seperti gelombang tsunami ini terjadi dari kombinasi beberapa awan yaitu awan kumulonimbus, awan rendah stratus, dan awan menengah dan tinggi. Namun awan jenis ini berpotensi menimbulkan hujan lebat dan angin kencang.

Meski bentuknya cenderung menyeramkan lantaran mirip dengan gelombang tsunami, awan ini tidak berbahaya. Menanggapi kekhawatiran warganet yang menganggap penampakan awan sebagai pertanda akan datangnya tsunami, BMKG mengatakan belum ada yang bisa membuktikan adanya hubungan bentuk awan dengan gempa bumi yang bisa menimbulkan gelombang tsunami.

Keberadaan awan berbentuk tsunami ternyata juga pernah terjadi di Birmingham, Alabama, Amerika Serikat.

Peristiwa tersebut juga membuat geger warga sekitar karena kebanyakan dari mereka akan bertanya,” Apa ini tsunami di langit?”

Karena sempat viral, ”tsunami langit” tersebut dijelaskan oleh Cloud Appreciation Society, organisasi internasional yang didirikan oleh ilmuwan pada tahun 2005.

Cloud Appreciation Society adalah sebuah komunitas yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan pengetahuan khususnya tentang awan. (*)

jual beli online al-store

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *