Dhevy Soal Pemekaran Papua Selatan: Cabut dulu Moratorium!

oleh

SUARATA | Putra Walmas yang anggota DPR RI, Muhammad Dhevy Bijak Pawindu menilai Menteri Dalam Negeri harus mencabut Moratorium DOB.

Ia berpendapat, jika wacana pemekaran Provinsi Papua Selatan sudah ada, maka seharusnya Moratorium DOB sesegera mungkin dicabut.

“Sudah seharusnya jika ada wacana pemerintah akan memekarkan provinsi Papua Selatan, berarti harus membuka kembali moratorium yang dilakukan pemerintah,” ungkap Dhevy kepada awak media, Jumat (01/11) kemarin.

Menurut politisi Demokrat yang saat ini menduduki Komisi IX DPR RI, pencabutan moratorium itu untuk memekarkan 87 daerah yang selama ini antri dan terhambat karena adanya Moratorium DOB.

“Kenapa harus dicabut? agar 87 daerah yang sejak lama sudah mengantri di Kemendagri lebih dulu dimekarkan termasuk Kabupaten Luwu Tengah,” papar Dhevy, sapaan akrab putra wakil bupati Luwu ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan jika saat ini moratorium belum dicabut sehingga pemekaran wilayah belum bisa dilakukan kecuali Papua karena Otonomi Khusus.

Sontak, statemen Jokowi ini memicu reaksi semua kalangan di Tana Luwu, mulai Datu Luwu YM A. Maradang Mackulau hingga politisi sampai aktivis mahasiswa ikut berkomentar, bahkan menjadi isu hangat di warkop-warkop Kota Palopo. (*)

jual beli online al-store

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *