SD Telkom Makassar Gudangnya Siswa Berbakat dan Berprestasi

oleh

SUARATA | Potensi sumber daya manusia merupakan modal dasar pembangunan bangsa. Potensi ini hanya dapat digali dan dikembangkan melalui strategi pendidikan dan pembelajaran yang terarah dan terencana, dengan memperhatikan pengembangan potensi minat dan bakat siswa secara utuh dan optimal. Siswa mengembangkan seluruh potensi kecerdasannya secara optimal dibantu dengan suasana yang menarik, interaktif serta merangsang kedua belahan otak siswa secara seimbang.

SD Telkom, salah satu sekolah unggulan dan favorit di Makassar, mengupayakan agar dapat selalu mengembangkan seluruh potensi kecerdasan dan ketrampilan para siswa secara optimal melalui suasana sekolah yang menarik, terampil, dan interaktif, sehingga bermuara pada pencapaian prestasi siswa yang gemilang di tingkat regional, nasional dan internasional. Selain itu, SD Telkom juga menawarkan beragam kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang dapat memompa kreativitas dan energi berkompetisi anak didiknya. Ada 17 kegiatan ekskul yang dimiliki oleh SD Telkom saat ini.

Kiki Astrina, S.Pd., Gr, salah seorang guru sekaligus penanggung jawab kegiatan ekskul di SD Telkom, mengatakan, “Dengan nuansa sekolah dan metode pembelajaran yang diberikan serta beragam kegiatan kesiswaan, SD Telkom saat ini menjadi gudang siswa yang berbakat dengan sejumlah prestasi akademik dan non akademik yang ditorehkan.

Tercatat untuk tahun 2019 ini, siswa SD Telkom telah menyabet sederet juara. Untuk lomba di bidang olahraga, siswa atas nama Dahayu Misya Elmira (kelas 3) menyabet Juara 1 Tunggal Putri dan semifinalis Ganda Putri Kejuaraan Nasional Tenis Junior Piala Peltha XXV 2019. Di bulan ini, Dahayu kembali masuk semifinal Kejuaraan International Junior Tennis Championship di Surabaya.

Ada pula siswa atas nama Lunar Umaya Ramadhani (kelas 5) yang berprestasi di anggar dengan meraih Juara 3 di dua kejuaraan daerah, yaitu Kejurda Bupati Cup I di Pinrang dan Kejurda Pelajar Tingkat Provinsi kategori Floret Pra Kadet. Cabang beladiri semisal karate, siswa SD Telkom juga menggoreskan prestasinya. Nayla Syafira (kelas 2) meraih Juara 3 di Kejurda Inkado Se-Sulselbar. Hapkido, beladiri asal Korea, Jauza Diwa Nayansyah, menjadi satu-satunya wakil daerah Sulawesi Selatan di event Kejuaraan Nasional Hapkido IV yang digelar di Semarang.

Untuk cabang olahraga tim, ekskul futsal SD Telkom juga tidak kalah mentereng prestasinya. Tim ini menjadi tim yang diunggulkan di setiap event atau kejuaraan futsal tingkat SD di Makassar. Juara 2 Kids Futsal Champion, Juara 3 event Friendship Cup U-10, Juara 4 Monsa Cup 2 U-11 dan Dapodik Cup I se-Kota Makassar serta Harapan I di event Futsal U-11 Wisata Pendidikan PGSD UNM 2019.

Prestasi individual sebagai kipper terbaik juga pernah disabet oleh siswa atas nama A. Rezky Fajar Ramadhan di Kids Futsal Champion 2019. Selain itu, siswa yang menggeluti cabang olahraga renang, badminton serta atletik juga terus didorong untuk berprestasi.

Ssiwa SD Telkom juga mempunyai prestasi di bidang yang berkaitan dengan asah otak atau berbau akademik. Event Be The One Science Games Survival (Ranking 1) Phinisi Point Fair 2019 dijuarai oleh Muh. Furqan Waliputra (kelas 3) dan Azka Rafifah Bintany (kelas 3) di posisi 2. Juga ada Althafulvian Dian Octora (kelas 5) berhasil menjadi semifinalis Be The One event PhiPo Hospitality Fair. Waode Khalisya Asyada dan Muh. Khairan (kelas 5) berhasil masuk semifinal BTA 8 Competition yang merupakan kompetisi sains tingkat SD (bidang studi matematika dan IPA).

Lomba-lomba Spelling Bee juga menjadi langganan prestasi siswa SD Telkom. Tercatat Alvaro Haykal Jibran (kelas 4) menjadi Juara 3 event Nurul Fikri Fair, Terran Ottago Melvin (kelas 5) meraih peringkat 3 di LazAFest 2019 dan Althafulvian Dian Octora berhasil menjadi juara 1 di LazAFest 2019 dan peringkat 6 di Kids Spelling Competition 2.0 by English Now. Juga ada Ahmad Kei Azizi (kelas 3) yang menduduki peringkat 6 di Kids Spelling Competition 2.0 Grup B serta Aerilyn Viomyesha (kelas 1) berhasil menjadi juara storytelling Kids Spelling Competition 2.0 by English Now. Di salah satu event lembaga Bahasa Inggris, siswa atas nama Renata Aulia (kelas 5) menyabet Juara 2 kategori Show&Tell LIA English Competition 2019.

Urusan bakat dan event budaya tidak lepas dari prestasi siswa SD Telkom Makassar. Siswa bernama Diantha Jevona (kelas 5) meraih Juara 1 Lomba Mewarnai Tingkat SD yang diadakan KFC Sam Ratulangi. Tidak ketinggalan siswa kelas 4 atas nama Muh. Fadhil Mutawakkil yang menjadi juara 1 Lomba Mewarnai tingkat TK-SD di Dies Natalis Fakultas Teknik Unhas. Ada pula Ayunda Azzahrah (kelas 4) yang meraih Juara 2 di EduFair Kids Got Talent UNM dan Juara Harapan 2 Lomba Fashion Show event BNI Travel&Expo 2019. Ekskul tari SD Telkom juga tidak kering prestasi, dimana pada Festival Budaya dan Bahasa SMP Islam Athirah meraih juara Harapan II. Bidang modelling juga menjadi muara prestasi siswa SD Telkom.

Tercatat siswa atas nama Muh. Nurwansyah Dewa Irwan (kelas 2) menjadi Juara Umum Daeng Cilik Makassar serta Ajeng Larasati (kelas 4) meraih Juara 3 di Pemilihan Dara Daeng Kota Makassar.

Lomba-lomba keagamaan semisal tahfidz menjadikan siswa atas nama Muh. Ghani Ayadi Azka meraih prestasi dengan berhasil menjadi Harapan 1 di Nurul Fikri Fair 2019 serta Zahra Ilma Mufida menjadi Harapan 2 di event EduFair Kids Got Talent UNM”, urai Kiki Astrina.

Dengan prestasi-prestasi yang ditorehkan di atas, mental dan jiwa kompetisi siswa SD Telkom menjadi terus terasah. Ditambah lagi dengan support penuh dari pihak orang tua siswa dan adanya mentor-mentor berkualitas yang diberikan pihak sekolah, prestasi yang didambakan akan terus berdatangan. SD Telkom juga getol mengadakan acara talent show di mall-mall ternama di Makassar yang bertujuan untuk melihat bakat-bakat terpendam siswa sekaligus menjadi evaluasi dari ekskul yang diadakan pihak sekolah.

Pada tanggal 02 Nopember nanti, selama 4 jam siswa SD Telkom akan unjuk kebolehan di hadapan pengunjung Mall Phinisi Point. Paduan suara anak, MC, hapkido, karate, menari, dance, nyanyi solo, pidato berbahasa Inggris, baca puisi akan ditampilkan bergantian oleh siswa. Acara ini juga akan dirangkaikan dengan perayaan HUT ke-5 SD Telkom serta launching PPDB Tahun Ajaran 2020/2021. “SD Telkom berharap siswa-siswanya menjadi insan yang berkarakter serta mempunyai beragam skill, yang akan menjadi referensi hidup mereka kelak. Siswa yang mempunyai karakter dan kompetensi tidak akan layu di masa depan, dan itu mulai mekarnya mereka bermula di pendidikan dasarnya, yaitu di SD”, tutup Kiki Astrina. (Rls)

jual beli online al-store

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *