Sultan Bikin Kegiatan di Luar dari Kebiasaan

oleh

SUARATA  |  Pemerintah Kecamatan Sukamaju Selatan (Sultan) kembali membuat terobosan yang bisa dibilang di luar dari kebiasaan. Musrenbang di tiap level pemerintahan memang sudah menjadi kewajiban dan biasa dilaksanakan sebagai forum musyawarah tahunan bagi para pemangku kepentingan untuk menyusun rencana pembangunan.

Nah, bagaimana jika ada pemerintah menggelar kegiatan Pra Musrenbang? Ini yang tidak biasa atau di luar dari kebiasaan. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Sultan ketika menggelar kegiatan Pra Musrenbang, Jumat (8/2/2019) kemarin, di Kantor Kecamatan Sultan, mulai pukul 10.00 – 11.30 wita.

“Kita di Kecamatan Sultan membuat sesuatu yang berbeda dan di luar dari kebiasaan yaitu menggelar kegiatan Pra Musrenbang Kecamatan,” ungkap Camat Sultan, Anjas Rusli. Pra Musrenbang ini, kata Anjas, adalah wadah penyamaan persepsi dan prioritas unggulan terhadap usulan dari desa.

Pada kegiatan ini ditentukan prioritas pada tingkat kecamatan, sekaligus juga akan ditentukan usulan dari desa mana yang menjadi skala prioritas, kedua dan seterusnya. “Hal ini dilakukan agar pada saat Musrenbang Kecamatan nantinya akan lebih mudah kita menetapkan mana skala prioritas dari masing-masing desa,” jelas Anjas.

“Tujuan lainnya adalah mengajarkan masyarakat tentang cara pengambilan keputusan melalui musyawarah tanpa harus dengan nada yang tinggi, meninggikan orang lain tanpa harus merendahkan yang lainnya, dan saling mendukung pembangunan di Sultan dengan skala prioritas kebutuhan masyarakat tanpa ego desa,” pungkasnya. (LH)

DCS DPRD KOTA PALOPO