08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Berharap hanya kepada Allah

Berharap Itu Hanya Kepada Allah

Berharap kepada Allah. Sudah sewajarnya dan sudah seharusnya kita senantiasa berharap berlebihan yang kepada Allah. Karena bagaimanapun hanya Allah yang memiliki kuasa untuk memberikan yang kita inginkan dan apa yang kita harapkan. Bagaimana seorang makhluk yang kemudian sama-sama lemahnya akan bisa memberikan apa yang diharapkan seseorang atau diharapkan makhluk yang lainnya sementara dia sendiri tidak mampu memberikan dan memenuhi apa yang dia butuhkan.

Mu’amalah dan Turunnya Pertolongan Allah

Berharap hanya kepada Allah berarti kita tidak mengharapkan datangnya pertolongan dan datangnya apa apa yang kita inginkan tidak kepada makhluk lainnya dan hanya kepada Allah. Meskipun dalam muamalah kita dengan manusia yang lainnya kita akan menemukan banyak sekali harapan yang menggantung dan menjadi wasilah dengan mereka, akan tetapi semua itu hanya lantaran datangnya pertolongan dan harapan dari Allah. Tidak lebih dan tidak kurang. Dasarnya Allah tidak membutuhkan semua lantaran untuk memberikan pertolongan hamba-hamba-Nya.

Berharap kepada Allah berarti hanya berlandaskan hati dan pikirannya akan datangnya pertolongan dan wujudnya apa yang kita harapkan, benar-benar sadar dan sepenuh hati semua itu dari Allah.

Sunnah Memuji-Nya Saat Nikmat Datang

Oleh karenanya, jadi sunnah apabila kemudian kita mendapati nikmat-nikmat yang kita inginkan dan yang kita harapkan terwujud di depan kita kemudian kita dengan sepenuh hati bersyukur dan memuji Allah. Alhamdulillah. Karena semuanya itu tidak akan terjadi kecuali atas kehendak dan ridho Allah.

Memuji Allah dan menyadari kemurahan serta kasih sayang-Nya untuk membuat hati sadar nikmat.

Melihat Kehendak Allah di Balik Peristiwa

Berharap hanya kepada Allah

Belajar untuk senantiasa melihat apa yang ada di balik yang terjadi sebagai sebuah kehendak yang datangnya dari Allah menjadi sebuah yang baik untuk meningkatkan kesadaran akan campur tangan Allah kepada kita sebagai manusia.

Berharap Hanya Kepada Allah Untuk Meraih Campur-Nya

Menjadi latihan kesadaran benar tahu dan yakin, bahwa Allah benar-benar ada dan selalu memberikan pertolongan pertolongan dan keajaiban-Nya kepada kita manusia yang yakin dan berprasangka baik kepadanya.

Membiasakan Diri Sadar Allah

Selalu bersyukur dan membiasakan memuji atas semua nikmat yang diberikan kepada kita pintu di mana kita membangun kesadaran diri campur tangan Allah dengan limpahan nikmatnya begitu sangat besar kepada kita.

Bersyukur sepenuh hati, sadar Allah sepenuh hati.

%d bloggers like this: