08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Berharap Kepada Makhluk Jalan Salah Menuju Harapan

Berharap kepada Makhluk. Harapan sama artinya sebuah keinginan yang seyogyanya diwujudkan. Harapan itu menuntut diwujudkan. Harapan itu simbol lepasnya energi dari seseorang ke yang lainnya untuk kemudian ingin dikonversikan sesuai dengan keinginannya.

Harapan seringkali menyebabkan kekecewaan seseorang jika tidak dipenuhi. Harapan seringkali membuat sakit hati jika tidak diwujudkan.

Harapan adalah wujud kepercayaan seseorang pada yang lainnya. Energi kepercayaan ini begitu besar. Sehingga apabila tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka kekecewaan akan begitu besar. Bahkan berujung pada ketidakpercayaan.

Berharap Kepada Makhluk Hanya Akan Berujung Kecewa

Kepada Siapa Seseorang Berharap

Umumnya harapan digantungkan seseorang pada Allah. namun pada kaitan umum dengan mu’amalah manusia akan bergantung pada manusia lainnya atau makhluk lainnya, meski sebatas muamalah. Tepatnya sebagai wasilah hubungan satu dengan lainnya.

Besar Harapan

Besar harapan seseorang mengikuti besarnya kepercayaan seseroang pada yang diharapkannya. Jangan salahkan seseorang yang kecewa berat dengan kita, jika kemudian kita tidak sesuai harapannya.

Besarnya kepercayaannya, sebesar itu pula kepercayaannya. Sebesar kepercayaannya, sebesar itu pula kekecewaannya jika meleset harapannya.

Berharap Pada Makhluk

Berharap pada sesama makhluk adalah kewajaran. Namun, jika terlalu berharap dan bergantung sebagai sumber utama harapan menjadi tidak tepat adanya.

Manusia dan makhluk lainnya, sama-sama lemahnya. Tidak memiliki kekuasaan mutlak pada hal apapun. Karena alasan ini. ketika kita terlalu memberikan harapan pada orang lainnya. Itu artinya kita sedang PHP (Pemberi Harapan Palsu) pada orang lainnya. Itu hanya ikhtiar yang menjadi wasilah Allah mewujudkan pertolongan-Nya.

Jika terlalu berharap pada makhluk, siap-siap kecewa saja.

Tempat Berharap Terbaik

Hanya Allah tempat bergantung. Hanya Allah yang Maha Kuasa. Pemberi harapan yang tak pernah mengecewakan. Bismillaah, laa haula walaa quwwata illaa billaah. Berharap kepada makhluk hanya akan berujung kekecewaan.

Semoga kepercayaan kita hanya senantiasa terus mengakar dan bergantung kepada Allah. Amiiin

%d bloggers like this: