08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Pasar digital di era digital marketing

Digital marketing adalah rajanya metode pemasaran untuk saat ini. Perkembangan internet Memang luar biasa, ada sekian banyak orang yang sudah memanfaatkan dan mengambil manfaat dari adanya internet. Baik untuk keperluan internet marketing maupun branding.

Perluasan dan persebaran informasi yang benar-benar dan tiada henti. Diprediksi, pengguna IG di Tanah Air mencapai 65 juta. Sebuah angka yang sangat besar. Lalu seberapa besar pengguna media sosial? Pengguna FB? 130 juta. Pengguna WA? 145 juta. Benar-benar angka yang luar biasa. Tak hanya besar, namun angka ini menyimpan potensi yang juga sangat luar biasa. Ini bukan sekedar angka.
Ini adalah PASAR.

Digital marketing dan gadget untuk jualan instan

GADGET + SOCMED = MAGNET

Promosi instan di Story WA

Sebuah contoh kasus yang biasa kita lakukan saja. Mungkin memiliki beberapa cerita menarik, kata-kata menarik, ada mungkin juga gambar-gambar yang menarik yang ingin kita sebarkan dan beritahukan kepada orang lain, tidak biasa menggunakan status di Story wa kita. Mudah status kita itu bisa dibaca oleh puluhan hingga ratusan kontak yang kita miliki.

Jika mungkin kita pernah menawarkan sesuatu kepada orang lain secara langsung kepadanya, maka untuk menyampaikan atau menawarkan barang itu kepada hingga 100 orang, anda mungkin akan Butuh waktu mulai dari 2 sampai 4 hari. Dan yang terjadi ketika anda membuatnya menjadi sebuah status di WA anda, hanya cukup mengetikkan di status Story wa anda, dan dalam kurang dari 1 hari status anda akan bisa dilihat orang lain. Bahkan untuk mencapai angka 100 orang itu hal yang sangat mudah. Inilah kemudahan dari adanya internet.

Potensi followers di media sosial

Contoh kasus lain adalah apabila kita memiliki pertemanan di Facebook sejumlah 5000 orang. Asumsinya kita ambil sebagai contoh maksimal kita memiliki pertemanan di Facebook. Nah ketika kita mungkin mengambil presentase terkecil dari 10% saja, maka 10% dari 5.000 adalah 500. 500 orang akan membaca dan melihat apa yang kita tulis di status Facebook. Cara mudah berpromosi bukan?

Digital marketing dan gadget untuk jualan instan

Contoh lain adalah semisal kita memiliki sebuah fanspage dengan follower lebih dari 10000 orang. Asumsinya sekali lagi semisal yang mengikuti kita aktif itu 10% orang saja, maka akan ada 1000 orang yang akan benar-benar melihat apa yang kita tulis di fanspage tersebut. Itu artinya kita sedang berpromosi kepada lebih dari 1000 orang dalam sekali waktu tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Tidak hanya cukup menuliskan di fanspage kita dan orang lain akan membacanya secara langsung di sana. Sebuah cara berpromosi dan revolusi internet marketing yang benar-benar berbeda dari era-era sebelumnya.

Bagaimana halnya jika sebuah fanspage dengan follower yang luar biasa banyak benar-benar dimanfaatkan untuk berpromosi dan menawarkan produk, maka yang terjadi adalah percepatan penjualan. Maka bisa dikatakan juga bahwa sebuah fanspage atau mungkin juga website atau mungkin juga produk digital lain yang disitu kita bisa membangun sebuah kolam pengunjung, itu adalah aset digital. Dan kemungkinan besar dari tahun ke tahun tidak akan mengalami penurunan bahkan justru mengalami peningkatan.

Menawarkan produk ke 300.000 pelanggan

Kami yang berwarna melihat beberapa group dan juga fans page, dan luar biasanya salah satu dari grup-grup yang pernah kami lihat itu jumlah anggotanya mencapai 100.000 lebih. Sebuah angka yang benar-benar fantastik. bisa dibayangkan betapa ramainya satu grup dengan jumlah anggota lebih dari 100.000 orang. Bahkan ada juga yang mencapai 300.000 anggota. Itu artinya dalam sekali waktu anda memposting di sana, yang melihat akan mencapai puluhan ribu.

Dan penjualan pun seringkali akan terjadi dengan cara yang mudah. Hanya saja perlu sebuah produk yang benar-benar dibutuhkan oleh orang-orang yang ada di grup tersebut. dan ketika anda memasang harga dengan tepat maka orang-orang yang tepat dan mereka pun akan bisa membeli produk Anda tanpa berpikir panjang.

Memanfaatkan digital marketing di pasar potensial

Lalu bagaimana kita bisa memulai digital marketing danĀ  memanfaatkan potensi pasar yang ada di internet?

Salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan gadget yang punya. Hampir dari setiap kita sudah memiliki gadget yang luar biasa canggih. Dengan gadget yang kita punya kita sudah biasa terhubung dengan orang-orang di sekitar kita ataupun orang-orang yang jauh dari kita secara langsung, begitu menggunakan chatting ataupun video call.

Dulu kita pernah mengingat, bawa orang-orang dulu seringkali ketika ingin menyampaikan pesan dari dirinya kepada orang lain, dan ketika itu jarak antara mereka antar kota, mereka terbiasa menggunakan media surat ataupun telegram. Kalau telegram mungkin bisa jadi sehari atau bahkan kurang dari itu bisa langsung sampai kepada orang yang dimaksud. Itupun dengan proses yang tidak mudah karena tidak semuanya memiliki telegram.

Begitupun ketika mereka menggunakan surat. Surat yang mereka kirimkan semisal dari Jakarta ke Surabaya akan sampai dalam waktu berhari-hari. Bisa di bayangkan ketika isi pesan itu adalah sebuah pesan yang sangat penting dan harus segera diselesaikan. Tentu ini tidak efektif.

Namun era internet sekarang ini tidak demikian rumitnya. Orang bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya hanya dengan menggunakan WhatsApp ataupun email ataupun media-media lain yang lainnya. Dan dalam sekali waktu pesan yang megang kirimkan bisa terkirim. Hanya tinggal menunggu orang yang dimaksud membuka aplikasi yang mereka gunakan untuk mengirimkan pesan-pesan tersebut. Sebuah revolusi komunikasi yang benar-benar memangkas waktu dan memberikan efektivitas yang tinggi.

Bahkan bagi beberapa orang yang mampu membayar iklan, mereka akan dengan mudah menjangkau lokasi-lokasi yang mereka inginkan tanpa harus menggunakan kertas. Sebagai contoh misalnya Ketika seseorang ingin mengiklankan usahanya di wilayah Papua. Dengan menggunakan Google Ads mereka bisa menjangkau wilayah Papua tanpa harus mereka berpromosi langsung di sana. Google secara otomatis akan menyebarkan iklan-iklan sesuai permintaan wilayahnya.

Ketika iklan itu di-setting hanya untuk ditampilkan di wilayah Papua, maka iklan itu akan tersebar hanya di wilayah sana. Tidak perlu kertas, tidak perlu lain-lainnya untuk beriklan. Hanya cukup mengirimkan konten dan copywriting yang bagus saja. Tinggal dari persentase pengunjung yang mengklik iklan tersebut ada yang melakukan transaksi atau tidak. Maka, tak mengherankan jika akhir-akhir ini muncul slogan, posting Dan Lupakan!. Inilah keuntungan digital marketing!

Digital marketing dan gadget untuk jualan instan

Dari kita belum bisa melakukan iklan berbayar, maka sebenarnya kita bisa memanfaatkan gadget yang kita punya untuk mulai membangun fanspage adapun personal branding pada media sosial yang kita punya. Dan serunya lagi terkadang beberapa orang hanya dengan santai-santai posting ini dan itu, tanpa disadari mereka sudah branding dirinya. Dan terjadilah beberapa penjualan dan bahkan menjadi sampingan yang mumpuni untuk mereka. Inilah era internet.

Solusi praktis belajar digital marketing

Tidak ada gaptek, semua bisa!

Mungkin di antara kita berfikir bahwa internet itu sulit dan mungkin saja gaptek. Namun sekarang ini adalah era digital. Ribuan bahkan jutaan informasi bisa kita ambil dari search engine maupun YouTube. Media pembelajaran langsung yang bisa kita akses tanpa berbatas waktu dan tempat. Kita bisa memanfaatkannya untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang kita punya.

Bahkan jika anda enggan membaca artikel yang ada di website website, anda bisa langsung menuju YouTube untuk menyaksikan secara langsung bagaimana prakteknya. Dan uniknya lagi hampir semua pertanyaan yang kita punya akan bisa dijawab oleh YouTube maupun Google. Saking banyaknya pengguna dan orang-orang yang begitu kreatif mengisi channel channel YouTube mereka.

Beberapa orang yang memiliki usaha lokal, ternyata mampu menjangkau pasar pasar luar negeri tanpa kesulitan yang berarti. Ini karena kekuatan internet. Sebuah hal yang luar biasa dan bisa kita lakukan tanpa harus bertatap muka. Bahkan kami sendiri sering melakukan transaksi dengan orang-orang yang secara langsung kita belum pernah mengenalnya sama sekali.

%d bloggers like this: