08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Fanspage adalah salah satu asset digital. Mengapa? Facebook adalah salah satu media sosial yang sampai saat ini merajai. Ada puluhan ribu bahkan jutaan traffic setiap harinya. Ada jutaan postingan baru yang muncul setiap hari. Bahkan jutaan user aktif setiap jamnya. Tentu saja hal ini adalah salah satu media sosial yang potensial, yang bisa kita gunakan untuk berpromosi. Produk-produk yang kita punya bisa kita promosikan melalui media sosial ini.

Potensi Traffik Fanspage

Salah satu bagian yang paling pokok yang perlu kita ketahui yang menyimpan potensi adanya kunjungan atau trafik yang luar biasa ke website kita adalah fans page. Fanspage bisa mengirimkan kepada kita puluhan, ratusan atau bahkan ribuan traffic. Hanya dengan menyisipkan link yang mengarah kepada website kita.

Jika kita pernah mengunjungi dan melihat banyak sekali fanspage yang ada, kita akan menemukan fakta bahwa banyak diantara fanspage itu memiliki followers dengan jumlah puluhan ribu hingga ratusan ribu. Jumlah yang sangat banyak sekali. Jumlah yang berpotensi bisa mengirimkan traffic unik ke website yang kita punya.

Maka Tak jarang kita temukan beberapa pemilik website seringkali menyebar Link yang mereka punya di beberapa grup atau fanspage dengan anggota yang jumlahnya tidak sedikit. Dan akibatnya selain branding website mereka, mereka juga mendapatkan kunjungan dari Link yang mereka sebar. Dan bisa ditebak, Jika kualitas dari website yang mereka punya itu luar biasa, maka kunjungan pun bisa berlanjut dari kunjungan pertama yang mereka lakukan. Mungkin kunjungan pertama Karena Mereka melihat artikel yang kita sebar di fanspage atau grup, namun kunjungan Kedua mereka adalah kunjungan dengan sukarela karena mereka ingat kualitas kita. Ingat disini kita berbicara kualitas dan kepuasan pengunjung. Dengan kualitas yang mumpuni kita bisa menjadikan website kita betul-betul bermanfaat, dan bonusnya adalah website kita akan menjadi rujukan bagi orang-orang yang mencari informasi.

Lalu bagaimana memanfaatkan grafik dari fanspage dengan puluhan ribu followers untuk memaksimalkan website yang kita punya?

Memaksimalkan Konten

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan konten website kita.

Pertanyaan yang mendasar adalah apakah yang dicari orang ketika dia berkunjung ke sebuah website? Tentu jawabannya adalah informasi. Harapan besar ketika mereka berkunjung ke sebuah website mereka mendapatkan informasi yang lengkap tanpa harus pergi ke website yang lain. Ulasan yang mumpuni bisa jadi daya tarik yang luar biasa yang membuat mereka kembali mengunjungi website kita tanpa harus memintanya kembali.

Maka tak salah jika kemudian Google menyebutkan bahwa konten adalah raja. Sebuah website diindeks oleh Google dengan baik karena konten yang ada di dalamnya. Begitu juga pengunjung akan datang ke sebuah website karena kontennya juga. Sehingga konten adalah menjadi hal pokok yang harus diperhatikan oleh pemilik website.

fanspage

Neil Patel menyebutkan bahwa konten adalah hal pokok yang harus diperhatikan oleh pemilik website. Dia menyebutkan bahwa backlinko adalah salah satu situs dengan halaman yang sedikit. Namun website ini mampu berada di peringkat pertama Google. Apa Rahasianya katanya? Rahasia yang dimiliki oleh backlinko adalah situs dengan konten yang luar biasa lengkap. Yang datang ke situ sini akan mendapatkan informasi super lengkap dan tidak akan mencari di website lain. Dengan begitu mereka akan dengan mudah kembali ke website yang mereka punya karena satu alasan yang tepat. Alasannya adalah mereka bisa mendapatkan informasi lengkap tanpa harus pergi ke website yang lain.

Maka kata Nel patel, pemilik website harus benar-benar memperhatikan dan merujuk Apa kata kunci dan juga bagaimana mereka meramu sebuah artikel dengan baik. Artikel harus benar-benar berupa badan berkualitas. Jangan sampai pengunjung hanya tertarik dengan  title yang mereka buat, namun ketika mereka membaca artikelnya mereka tidak mendapatkan manfaat apa-apa.

Memang benar-benar harus menarik, ketika seseorang membuat title artikel mereka. Tapi yang perlu diperhatikan lagi adalah selain kata kunci yang mereka sisipkan detail maupun di artikel, mereka harus memperhatikan isi dari konten yang mereka buat. Konten yang mereka buat harus benar-benar lengkap dan memberikan informasi lebih. Sehingga orang-orang yang datang ke sana puas dengan informasi yang berkata dapatkan.

Psikologi Pengunjung

Dan secara psikologis ketika mereka mendapatkan informasi yang memuaskan mereka, dengan senang hati mereka akan menyimpan URL itu. Untuk dijadikan sebagai rujukan mereka dan sewaktu-waktu ketika mereka membutuhkan mereka bisa mengambilnya dengan mudah. Satu waktu di mana mereka ketika mendapatkan kepuasan informasi dari website yang kita punya, mereka dengan senang hati akan menyebarkan artikel itu kepada orang lain, baik melalui media sosial mereka atau melalui status WhatsApp mereka. Sebuah langkah yang mungkin membutuhkan usaha anda namun akan memberikan dampak jangka panjang yang baik untuk Website anda.

Kembali ke soal fanspage, ketika Anda sudah siap mengcopy paste url yang menurut anda artikelnya luar biasa, anda anda harus terlebih dahulu betul-betul mulai meneliti bagian-bagian dari artikel anda. Bisa juga anda mulai membandingkan dengan artikel-artikel yang dimiliki oleh website lain yang serupa. Sehingga kekurangan dari artikel yang anda buat bisa anda lengkapi dengan bagian-bagian yang mungkin idenya belum anda dapatkan. Cek website lain dan kemudian bandingkan bagian mana saja yang belum Anda punya. Dengan cara ini anda bisa melengkapi artikel Anda tanpa harus susah payah mencari ide untuk melengkapinya. Dan sekali lagi di sini kita berperan untuk memberikan suatu informasi yang lengkap kepada pengunjung website yang kita punya.

Cari Fanspage dan Group Beranggota Puluhan Ribu

Setelah anda merasa cukup dengan evaluasi dan koreksi yang anda lakukan untuk artikel yang anda punya, anda bisa mulai dengan yakin mencari grup grup ataupun fanspage dengan followers dan anggota yang berjumlah banyak. Tentu saja yang harus anda lakukan adalah mencari grup atau fanspage yang memiliki Lini atau minat hampir sama dengan artikel yang anda tulis. Ketika mereka memiliki minat di dalam website maka artikel yang anda tulis harus berkaitan dengan website. Spek ada grup yang anda sebar itu menyukai atau berminat di usaha, maka artikel yang anda buat harus berkaitan dengan usaha. Harus selaras dan nyambung. Dengan begitu kemungkinan besar mereka akan melihat artikel yang anda buat jauh lebih besar daripada Anda sekedar menyebar link tanpa memperhatikan minat dari masing-masing anggota grup atau fanspage tadi.

Oh ya sebelum anda menyebar Link yang anda buat, selain memperhatikan konten sebagaimana sebelumnya Anda juga harus memperhatikan Bagaimana anda membuat title dari artikel. Selain Anda harus memperhatikan detail artikel itu harus menarik Anda juga harus memperhitungkan keselarasan antara judul dengan konten yang anda buat. Anda harus melihat keselarasan antara keduanya. Ini penting. Dengan begini pengunjung akan benar-benar mendapatkan informasi sesuai yang mereka inginkan.

Grup atau fanspage yang memiliki jumlah anggota banyak, ibarat sebuah kolam. Kolam dengan banyak ikan yang siap untuk Anda pancing. Anda harus menyesuaikan antara umpan dengan ikannya. Dengan begitu apa yang anda lakukan benar-benar memberikan dampak yang positif kepada website anda. Dengan cara ini pula kemungkinan besar artikel anda akan viral bisa terjadi.

Promosi Aktif dan Berkualitas

Membuat artikel atau konten yang bagus adalah hal yang harus, namun berpromosi dengan cara yang tepat juga keharusan. Keduanya harus benar-benar disesuaikan dan diselaraskan. Mutu yang bagus harus dipromosikan dengan cara yang bagus juga. Kualitas yang bagus harus dibagikan dan dikenalkan kepada orang lain supaya manfaatnya bisa benar-benar nyata. Inilah logika iklan yang sebenarnya. Memberikan manfaat ke sebanyak mungkin orang.

Logika yang biasa kita pakai saat menyebarluaskan url dari artikel yang kita buat adalah barangkali 10% dari anggota grup atau fanspage itu akan datang ke website kita.10% saja cukup, jika dengan artikel yang bermutu kita akan bisa menjadikan 10% itu benar-benar mempromosikan artikel kita dengan sukarela. Memang bukan jaminan akan tetapi kita berbicara tentang logika kepuasan pengunjung. Sama halnya ketika kita berbicara tentang toko atau Swalayan dengan layanan yang bagus. Ketika Swalayan atau toko memberikan servis yang bagus maka kebiasaan dari kita akan kembali dan mengingat toko atau Swalayan tersebut. Kita dengan sukarela kembali sewaktu membutuhkan sesuatu atau belanja sesuatu. Ini psikologi pengunjung atau konsumen.

Mungkin Anda berkata ini kan online? Betul ini online. Akan tetapi logika psikologi pengunjung akan tetap sama. Orangnya pun akan sama. Cara mereka mencari kebutuhan pun sama. Sehingga titik temu yang barangkali bisa kita jadikan patokan adalah kepuasan. Kepuasan pengunjung sebuah website adalah menemukan informasi yang super lengkap, tanpa harus mencari di website yang lain.

Fokus pada Kualitas

Bisa jadi anda hanya memiliki 10 content dalam website anda, akan tetapi dengan konten yang bermutu anda akan bisa mendapatkan banyak sekali pengunjung dari situ saja. Google gunakan bisa menandai website mana dengan kualitas terbaik. Sehingga dengan 10 artikel saja,  kemungkinan besar akan terjadi lonjakan pengunjung di website anda. Kita tidak berbicara tentang artikel sampah, yang dibuat dengan ogah-ogahan. Namun kita sedang berbicara tentang artikel dengan kualitas mumpuni. Yang memiliki nilai plus daripada pesaing yang kita punya.

Jika barangkali website orang lain yang mungkin serupa dengan kita memiliki 1000 kata, kita mungkin bisa mencoba membuat artikel yang kita punya dengan 2000 kata.2000 kata yang benar-benar memberikan informasi yang bagus. Informasi yang bisa memberikan kepuasan dan kelengkapan data kepada orang yang mencari. Inilah cara yang tepat untuk membuat pengunjung anda kembali ke website milik anda. Satu usaha namun untuk jangka panjang.

Belajar SEO sebelum ke Fanspage

Selain memaksimalkan konten yang kita sebutkan di atas Anda harus memperhatikan dan juga mempelajari Apa itu search engine optimization? Atau lebih dikenal dengan SEO.

Adalah langkah awal dimana kita mulai memperhatikan kata kunci dan juga keselarasan artikel kita dengan kata kunci yang kita pilih. Kita mulai memperhatikan judul dan subjudul, meta deskripsi, dan bagian-bagian lain yang ada di dalam SEO.

Langkah yang paling bagus ketika kita membuat artikel agar sesuai dengan Seo adalah menggunakan plug in. Ini tentu yang biasa digunakan untuk mereka pengguna website WordPress. Ada cukup menginstal plugin yoast Seo misalnya, dan anda lakukan instruksi yang diberikan Seo Pada saat Anda Menulis artikel.

Ini adalah langkah mudah. Karena yoast SEO akan memberikan informasi bagian mana saja yang perlu Anda benahi dan bagian mana saja yang perlu Anda tambahkan dari artikel Anda agar sesuai dengan SEO. Manfaat lain dari yoast SEO ini adalah iya juga akan memberikan informasi seberapa persen Seo artikel anda. Sehingga Anda bisa melihat dengan pasti mana yang kurang dan mana yang sudah cukup. Satu langkah tepat untuk memaksimalkan artikel anda di website.

fanspage

Beda Group dan Fanspage

Oh ya Terlupakan untuk kita sampaikan Disini. Contoh terapi gratis Anda bisa memulainya menggunakan grup-grup dengan jumlah anggota yang mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu. Ada kemudahan yang bisa didapatkan ketika anda menggunakan grup dengan potensi tinggi ini. Kemudahannya adalah Anda tidak perlu membangun grup dari awal. Anda hanya perlu gabung dan kemudian berdiskusi aktif dengan ikut berkontribusi memberikan solusi solusi dari masalah. Pada satu kesempatan Anda bisa menyebarkan link website anda untuk bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang ada di grup tersebut.

Perbedaannya Ketika anda menggunakan fanspage. Ketika anda ingin menunjukkan link di fanspage dengan ribuan followers itu artinya yang Anda gunakan adalah fanspage anda sendiri. Itu artinya juga ada harus membangunnya dari awal lagi itu dengan menekan iklan berbayar atau benar-benar Anda menggunakan traffic natural. Namun ketika followers carikan sebaiknya Anda bangun ini benar-benar terwujud menjadi puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu, ini benar-benar menjadi aset milik anda sendiri. Setidaknya Ketika anda menyebarkan link di fanspage anda maka akan ada sekian ribu follower yang langsung merespon apa yang di posting di sana.

Pilihan tergantung pada anda Apakah anda akan menggunakan grup ataukah fanspage. Namun ketika Anda masih awal kami anjurkan menggunakan grup-grup dengan anggota yang jumlahnya banyak sekali. Selain gratis Anda bisa membangun branding di sana bersama teman-teman dengan mengadakan diskusi diskusi dan komentar-komentar yang bermutu. Dengan sendirinya pribadi anda juga akan bertanding di grup tersebut Ketika anda memberikan kontribusi bagus kepada mereka.

Namun ketika anda sedang jalan dan mulai ingin menggunakan fanspage Anda pribadi, anda bisa mulai mengiklankan atau menyebarluaskan ada di grup yang anda punya. Dan pelan-pelan fanspage akan mulai bertambah followers-nya hingga sesuai dengan jumlah yang anda inginkan. Membangun followers pada fanspage sama halnya dengan membangun trafik pada website. Efektif dan efisien ketika orang sudah menjadi aset yang bagus untuk kita. Atau jika mau, silahkan endorse kepada pemilik fanspage yang Anda ingin berpromosi di sana.

Happy Blogging!

%d bloggers like this: