08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Facebook adalah salah satu media iklan yang cukup efektif. Facebook menyediakan berbagai macam fitur yang bisa kita setting di-setting iklan agar iklan kita sesuai dengan target yang kita inginkan. Karena banyak sekali pengguna yang ada di Facebook dengan berbagai macam minatnya, maka kita dituntut untuk bisa mulai melakukan riset demi riset agar iklan yang kita lakukan benar-benar efektif dan sesuai dengan target.

Iklan Facebook Yang Efektif dengan Riset

Jika kita melihat berbagai macam grup maupun halaman yang ada di Facebook, kita benar-benar akan menemukan berbagai macam minat-minat yang menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya. Ada yang menyukai penulisan, ada yang menyukai style, ada yang menyukai design, codeIgniter ataupun WordPress, dan berbagai macam minat yang lainnya. Dan rata-rata mereka berkumpul dalam satu grup maupun halaman tertentu yang di sana mereka bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta, facebook yang kini telah berakhir hiasi dengan Instagram dan juga WhatsApp, bisa kita jadikan sebagai salah satu media promosi yang cukup efektif. Asal kita mengenali minat minat di mana pengguna tadi bergabung, sehingga saat kita menentukan peminatan di dalam setting iklan yang kita lakukan, benar-benar akan menemukan calon customer yang potensial.

Minat, itu Kunci Iklan Facebook yang Efektif

Kenapa seperti itu? Sebagai contoh misalnya Ketika seseorang memiliki minat di dalam WordPress ataupun website, dan kebetulan iklan Anda berisi tentang template website yang bagus user friendly dan murah, mungkin mereka akan mudah tertarik. Mengapa? Karena memang sesuai dengan minat dan Keinginan.

Sama halnya kasusnya ketika kita sedang lapar, dan kebetulan minat kita adalah soto. Dan saat mencari makanan, kita pun dengan cepat akan memilih soto sebagai menu utamanya. Karena itu minat kita. Nah kebetulan saja ada teman yang menawarkan tempat ada orang yang menjual soto dengan rasa yang enak, dengan cepat memutuskan untuk membeli disana.

Pengguna Facebook juga demikian, mereka cenderung akan mencari sesuatu yang sesuai dengan keinginan mereka. Atau karena sebenarnya Facebook ini bukan mirip dengan search engine dimana orang benar-benar mencari kata kunci terkait, iklan yang muncul di Facebook ini mirip dengan tayangan-tayangan barang yang muncul di berbagai tempat lain penggunanya.

iklan facebook yang efektif

Riset Google Trend

Nah kalau kebetulan iklankita itu sesuai dengan minatnya kemungkinan besar akan terjadi pembelian. Karena sifatnya yang demikian maka kita perlu mulai mengenal minat dari masing-masing target calon pembeli kita dan juga usianya bahkan tempat tinggalnya. Ada baiknya juga jika Anda mulai mengenal Google trend. Google tren adalah salah satu cara yang mudah Dimana kita bisa mengenal kata kunci yang tersebar di berbagai macam wilayah berdasarkan pencariannya. Hanya saja ini bisa dibilang efektif atau bisa juga tidak.

Pengen keterangan disini kurang jelas maka Disini saya akan sampaikan contoh yang mungkin lebih mudah dipahami.

Suatu saat Misalnya Anda mulai mencari 1 kata kunci semisal jual payung, dan data menunjukkan bahwa kota Jakarta adalah salah salah satu kota yang terdapat banyak sekali pencarian dengan kata kunci jual payung. Itu artinya Jakarta adalah salah satu potensial pasar yang bisa kita gunakan untuk beriklan di sana. Bukan dengan Facebook ad tetapi dengan Google Ads.

Memadukan Google Trend dan Peminatan

Lalu pertanyaannya adalah efektifkah jika kemudian kita beriklan di Jakarta sesuai dengan hasil pencarian di Google Trend?

Jawabannya mungkin saja. Baik saya akan menjelaskan lebih lanjut. Semisal Anda beriklan di kota Jakarta dengan menggunakan Facebook ads, karena asumsi kita adalah kota Jakarta salah satu kota dengan pencarian terbanyak untuk kata kunci jual payung. Namun di sini kita belum bisa menentukan siapa saja orang-orang yang menyukai payung ini. Semisal kota Jakarta terdapat 10 juta orang, nah dariĀ  10 juta orang ini siapa saja yang mengetikkan kata kunci jual payung di mesin pencari itu kita tidak tahu.

Kenapa tidak tahu? Yang tidak menyediakan layanan ataupun pengguna Siapa saja yang menggunakan dan usia berapa tempatnya di mana. Ini akan menjadi sulit. Namun jika kebetulan orang yang mengetikkan kata jual payung di Jakarta itu adalah orang-orang yang menggunakan Facebook, dan target wilayah Kita Jakarta, maka akan ada kemungkinan mereka suka juga dengan iklan yang kita berikan. Namun ini akan boros biaya. CPC iklan akan besar. Karena kita akan menjangkau Sekian banyak orang dan tidak memberikan batasan-batasan Siapa saja yang bisa melihat iklan kita tanpa memperdulikan peminatan mereka.

Misalnya Hermanto adalah salah satu pengguna Facebook yang memiliki minat di payung. Nah kemudian dia gabung di beberapa halaman dan grup yang berisi tentang subjek berupa payung. Kemudian kita beriklan menggunakan peminatan terkait payung dan kata turunannya. Maka iklan-iklan kita pun akan muncul di timeline dan mereka yang menyukai peminatan di payung ini. Dan bisa ditebak kemungkinan besar terjualnya iklan kita akan besar. Kita sudah membatasi munculnya iklan itu dengan peminatan yang kita setting di sana. Jika kebetulan jangkauan iklan kita itu sangat besar itu akan tetap efektif, karena kita membatasi jangkauan itu hanya untuk orang-orang yang betul-betul dalam peminatan yang kita pilih.

iklan facebook yang efektif

Sesuaikan Minat Dengan Jualannya

Sudah paham ya? Jadi kalau kita beriklan maka yang perlu kita perhatikan adalah peminatan pengguna kita itu seperti apa. Jangan kemudian kita menyeting peminatan yang tidak sesuai dengan barang yang kita jual.

Kalau ibu-ibu biasanya menyukai fashion dan juga baju-baju. Maka setting peminatan adalah fashion dan baju-baju. Terarah dan efektif. Iklan akan masuk sesuai dengan target kita.

Ibu-ibu menyukai peluang sampingan sebagai ibu rumah tangga. Maka kita harus mengambil peminatan usaha usaha sampingan. Ada biasanya ibu-ibu yang ingin berwirausaha itu cenderung gabung di grup-grup dan halaman-halaman yang berisi tentang usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Dengan bahan iklan anda akan efektif.

Itu pun perlu kita perhatikan juga usia-usia yang kira-kira mereka bisa aktif di sana. Taruhlah misalnya kita mengambil pengguna yang usianya mulai 17 sampai 50 tahun, kita berasumsi bahwa usaha-usaha itu efektif untuk berwirausaha dan mengambil usaha sampingan. Nah kalau bisa seperti ini kita akan bisa lebih efektif lagi. Akan boros iklan juga jika kita mengambil semua rentang usia misalnya mulai dari 10 tahun, usia maksimal kita mengambil 70 tahun. Jarang juga orang mulai berwirausaha di usia usia 60-70 ya.

Jika kebetulan mereka gabung di grup tersebut bisa jadi efektif juga karena mereka mengambil celah-celah atau kesempatan atau peluang untuk usaha. Namun asumsi kami ini akan jauh lebih efektif jika kita mengarah ke usia usia produktif. Tapi juga kemudian temen-temen mau mengambil semua usia juga tidak masalah. Yang paling pokok desain adalah peminatan. Karena peminatan ini akan menjadi kata kunci, sama halnya saat kita menggunakan iklan Google Ads. Maka kata kunci ini akan menjadi pokoknya.

CPC Lebih Murah? Ini dia Rahasianya

Uraian diatas adalah salah satu cara bagaimana kita mendapatkan cPC iklan yang lebih murah. Karena kita efektif untuk jangkauan dan juga peminatan. Ada satu hal rahasia laki yang mungkin bisa kita coba namun ini jarang mungkin diungkapkan oleh para mentor. Apa Rahasianya untuk mendapatkan CPC murah? Jadi jangan heran ketika mereka mendapatkan CPC per klik nya Rp15 atau mungkin Kisaran rp42.

Yuk Menghitung CPC untuk Iklan Facebook Yang Efektif

Ketika anda setting iklan di Facebook biasanya anda akan men-set dengan dana Maksimal per harinya misal Rp50.000. Anggap saja kita sedang melihat iklan itu untuk berjalan 5 hari kedepan. Semisal kita Set tanggal 1 dan berakhir tanggal 5. Biasanya setelah kita mengkonfirmasi bahwa iklan itu fix kita menunggu review dari tim Facebook Apakah iklan kita diterima atau tidak. Setelah ada jawaban iklan kita diterima biasanya ada pilihan tambahan dana. Misalnya tambahkan 150.000 untuk tambah 5 hari. Atau tambahkan dana Rp200.000 untuk tambah 7 hari.

Nah sebenarnya di sini kita mendapatkan diskon untuk iklan kita. Jadi yang seharusnya Rp50.000 itu untuk 10000 jangkauan. Cara menambahkan Rp200.000 untuk tambah 7 hari, kita akan mendapatkan rata-rata hariannya tidak lagi Rp50.000, bisa misalnya menjadi Rp30.000 dengan tetap mendapatkan 10000 jangkauan. Ini yang kami alami.

Iklan Harian Yang Lebih Murah

Oke saya Jelaskan lebih rinci lagi. Misal kita iklan 5 hari dengan budget harian Rp50.000. Itu artinya dalam 5 hari kita harus mengeluarkan budget Rp250.000. Nah saat ada tawaran dari facebook misalnya untuk menambahkan Rp200.000 untuk ditambah 7 hari, jika kita mengkonsumsi setuju itu artinya budget kita adalah Rp250.000 ditambah Rp200.000 jadinya Rp450.000. Memang kelihatan lebih banyak. Namun budget hariannya akan jauh lebih murah. Jadi kalau awalnya dari baja Rp250.000 kita harus mengeluarkan dan harian kurang lebih Rp50.000, maka untuk dana yang kita tambahkan Rp200.000 Yang menjadi Rp450.000 tadi, rata-rata hariannya akan jauh beda.

Coba sekarang kita kalkulasi.5 hari ditambahkan dengan 7 hari, jadinya 12 hari. Rp450.000 dibagi 12, nah disini kita akan ketemu sekitar 37.500. Jauh lebih murah daripada kita beriklan Rp50.000 per hari dengan jangkauan yang sama.

Jadi disini kita sarankan Anda menggunakan budget iklan yang lebih sesuai sehingga pada saat mendapatkan tawaran dari Facebook kita bisa mendapatkan CPC harian yang jauh lebih murah daripada sebelumnya. Yuk praktek! Kami sarankan untuk memulai dan praktek! Biar tahu bedanya seperti apa.

Untuk diskusi dan pemesanan website dan aplikasi, silahkan hubungi kami di 082302311188.

%d bloggers like this: