08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Dalam tahap memulai bisnis online walaupun terlihat mudah tapi sebenarnya tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Ada butuh banyak tahap tahap yang perlu Anda lewati.

Dengan melewati tahap tahap berikut ini satu per satu, maka bisnis online Anda tidak cuma lahir saja, tetapi juga bisa bertahan dan berkembang menjadi bisnis online yang mendunia.

Dimana mana yang besar harus dimulai dari yang terkecil. Hal ini wajar menjadi hukum alam. Sama hal nya juga dengan bisnis. Bisnis online yang sudah mendunia dimulai dari yang kecil kecilan.

SepertiAmazon, perusahaan toko online yang besar dan mendunia pada masa dahulu nya juga memulai dari usaha garasi mobil. Bukan cuma Amazon, perusahaan besar lainya seperti Apple,Disney,serta Google juga pada awalnya memulai bisnisnya dari garasi mobil.

 

Berikut cara yang tepat untuk memulai berbisnis online.

Mulai dengan mindset atau rancangan pemikiran bisnis online yang benar

Untuk memulai bisnis online cara terutama yang harus kita gunakan adalah harus punya mindset bisnis online yang sesuai.

dalam hal mindset kami posisikan di posisi pertama adalah karena faktor yang paling mendasar di dalam dunia bisnis online. karena mindset adalah langkah awal dalam melakukan hal bisnis.

Kalau mindsetnya tepat maka tahap tahap selanjutnya juga pasti lancar.kalau dari mindsetnya saja sudah tidak tepatt, maka tahap tahap berikutnya pasti juga tidak bisa seperti yang kita harapkan.

Tidak cuma itu aja dengan mindset yang tepat tentang bisnis online, satu kali aja Anda mengalami kegagalan, maka kegagalan itu tidak akan membuat Anda putus asa. Dengan mindset yang benar, begitu mengalami kegagalan di dalam bisnis, Anda akan segera bangkit dan mecari dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang menyebabkan Anda gagal.

Tidak usah mengharap cepat kaya dari bisnis online

Mindset bisnis online yang harus Anda miliki adalah jangan pernah mengharap cepat sukes dari bisnis online.

Uang puluhan bahkan ratusan juta, rumah megah, mobil hingga liburan ke luar negri adalah lambang kekayaan. pasti benar jika promosi mengangkat yang demikian itu. Karena pada kenyataannya ada orang-orang yang harus berhasil memperoleh kekayaan lewat bisnis online.

Tapi yang harus Anda ketahui, mereka memperoleh  hasil yang sangat luar biasa tersebut tidak mudah juga dalam melakukanya.Mereka juga mengalami kegagalan dan bangun dalam menjalankan bisnis online.

Dan yang tidak sering terlihat adalah bagaimana mereka menjalankan nya sampai berhasil pada akhirnya mereka memperoleh  hasil yang mereka inginkan.

Mungkin Anda tidak mengetahui si A sudah berapa kali mereka berjuang . Si B seberapa banyak uang yang dia gunakan hanya untuk percobaan, ikuti kursus di mana mana membeli alat dan lain banyak lagi

Jadi kalau Anda ingin melakukan bisnis online hanya saja karena ingin cepat sukses dan kaya,maka perbaiki  mindset Anda sekarang juga.

Menentukan tipe bisnis online yang cocok

Mindset sudah kita bahas,target bisnis juga sudah. Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online adalah mengarahkan model bisnis yang cocok dan sesuai dengan target bisnis Anda.

Ini sama seperti saat kita melakukan perjalanan,Saat ini Anda berada di surabaya dan tujuan perjalanan Anda adalah jakarta. Sebelum Anda naik ke kendaraan pastinya anda berpikir anda akan lewat jalan yang mana bukan?

Dari beberapa tipe  bisnis di atas, coba Anda pilih salah satu saja. Pikirkan dengan yang setidaknya Anda bisa melakukannya.

Misalkan Anda memiliki kemampuan di bidang desain grafis, maka model bisnis yang seharusnya sesuai dengan anda adalah freelancing.

Jika Anda memiliki keahlian menulis dan mempengaruhi orang lain, Anda bisa menentukan model bisnis online display ads atau bisa saja sponsored articles.

Sama hal nya jika Anda punya keahlian menjalankan media sosial dengan sangat paham Anda bisa pilih tipe bisnis digital agency, Dan yang lainya.

Membuat halaman website

Setelah Anda menentukan produk apa yang mau Anda pakai untuk melakukan bisnis online. Selanjutnya menggunakan website.

Turgetnya adalah sebagai alat untuk memperbaiki pada banyak orang apa yang Anda tawarkan. Jika di bisnis sederhanan, website atau landing page ini adalah toko saja.

Dengan menggunakan website ini orang bisa mengetahui produk yang anda tawarkan, melihat cara pembelian dari produk Anda dan juga melakukan tujuan yang Anda harapkan.

Pertimbangkan Produk yang akan anda jual

Ingatlah terdapat beberapa masalah  yang akan berpengaruh ketika Anda berjualan barang dengan usaha online, terdepan dalam proses pengiriman. Ingat Anda harus memikirkan apakah barang yang Anda jual sudah aman ketika sampai ke penerima atau pembeli.

perlu anda ketahui kurir mana yang tepat dengan produk yang akan anda kirim. Contoh saja Anda menjual baju, memakai jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari pasti saja akan aman.

Namun beda dengan saat Anda menjual makanan yang memang tidak bisa tahan lama. Anda harus mencari kurir yang dapat mengirimkan makanan Anda secara singkat dalam waktu sekitar beberapa jam, agar ketika sampai ke penerima atau pembeli rasa dan bentuk barangnya tidak berubah dan masih dapat dinikmati atau digunakan.

Buat foto yang menarik dari produk

Karena Anda menjual produk Anda dengan cara onlinee  sebaiknya Anda mengambil foto produk Anda semenarik mungkin agar terlihat ada kesan diproduk. Hal ini dilakukan agar para pembeli lebih tertarik dan membeli produk anda.

Sebelum mengambil foto produk, Anda dapat mencari atau melihat contoh foto produk yang menurut Anda cocok untuk menarik minat pelanggan. Tak ada salahnya Anda menirukan cara foto tersebut, tapi taklupa Anda harus memfokuskan objek foto tersebut pada produk Anda.

Jaga kualitas produk anda

Penjualan secara online itu artinya pembeli hanya bisa  melihat produk Anda dari foto dan dari keterangan detail produk yang Anda berikan mengenai produk yang dijual. Maka, Anda harus menjaga rasa kepercayaan pelanggan dengan mempertimbangkan kualitas produk yang akan dijual.

perlu diketahui,bahwa menarik pelanggan tidak cukup dari platform saja, bisa juga dari mulut ke mulut. Ketika produk yang Anda jualkan memang bagus dan tidak membuat pembeli merasa kecewa, maka mungkin para pembeli Anda untuk memberi tahu orang orang untuk membeli produk yang Anda jual.

Kalau ketika barang yang sampai ke tangan penerima tidak sesuai dengan produk yang anda jual. Maka, mungkin nama dari brand Anda akan terlihat jelek dan hal seperti itu dapat merugikan Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda jalankan ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis online shop yang sekarang sangat marak di kalangan pebisnis.

Ketika bisnis Anda sudah berjalan selama 2 tahun dan membutuhkan dana tambahan untuk memperluas bisnis,agar bisnis anda juga bisa mendunia.

%d bloggers like this: