08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Dzikir Kesadaran

Dzikir Kesadaran. Apakah dzikir kesadaran? Dzikir kesadaran adalah sikap membuka diri untuk senantiasa tafakkur merenungkan ayat-ayat Allah. Senantiasa merenungkan kekuasaan dan ayat-ayat yang bertebaran di muka bumi ini.

Dzikir yang berkesadaran berarti tidak sekedar mengucapkan lafadz-lafadz dalam arti lahiriahnya juga berusaha memahami maknanya. Semakin terbiasa kita untuk memahami makna yang ada di balik sebuah lafadz, semakin besar pula kesadaran kita.

Sampai disini jika anda masih belum memahami arti kesadaran, maka yang kami maksud kesadaran adalah pemahaman yang menyatu dalam diri Anda menjadi sebuah karakter. Tak sekedar hanya memahami namun juga sudah menjadi sebuah kebiasaan yang melekat dalam keseharian anda. Demikianlah kesadaran yang kami maksud.

Dzikir kesadaran tidak dimaksudkan untuk menghilangkan kebiasaan membaca lafadz-lafadz, justru saat kita membaca lafal tersebut kita melatih diri untuk memahaminya.

Tujuan Dzikir Kesadaran

Tujuan dari dzikir ini adalah mengembangkan diri, hati dan jiwa untuk lebih fokus untuk bisa merasakan secara sadar dan nyata akan kekuasaan Allah. Tidak sekedar fokus pada lafdziyyah, namun juga ke maknanya. Menjadikan lafdziyyah sebagai landasan pokok membangun kesadaran jiwa.

Dzikir Kesadaran Untuk Hidup Lebih Sadar

Contoh Praktis

Membaca takbir misalnya. Dalam hati sepenuh hati merasakan kebesaran Allah. Misal mengingat pengalaman saat Allah memberikan kemudahan saat membayar hutang. Disini hati kita flashback ulang. Kita putar ulang untuk merasakan kembali saat kesulitan itu dan merasakan betapa Allah begitu luar biasa memberikan pertolong-Nya.

Saat membaca Hamdalah hati dan pikiran diarahkan untuk dan merasakan nikmat yang sudah Tuhan berikan.

Saat membaca istighfar hati dan pikiran diarahkan untuk mengingat kembali dosa-dosa yang telah dilakukan. Mencoba review kembali kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan kesadaran berniat kembali kepada jalan yang lebih baik.

Saat membaca takbir dan pikiran dikondisikan untuk merasakan kebesaran kebesaran Allah yang di luas kan di atas muka bumi ini. Rasakan dengan sepenuh hati betapa kecilnya manusia dan kelemahan yang melekat. Merasakan ketabahannya Allah yang menguasai alam semesta.

Beda Dzikir Ini Dengan lainnya

Tidak ada bedanya. Dzikir ini adalah salah satu bentu tafakkur. Hanya saja dengan dzikir kesadaran ini. Kita berupaya untuk melatih diri semakin sadar akan campur tangan Allah dalam kehidupan. Dan kita begitu dekat dengan-Nya.

Alasannya

Tidak harus. Ini hanya salah satu metode agar kita semakin terlatih untuk tafakkur. Terlatih memahami dan mengerti. Terlatih untuk berpikir lebih luas akan kekuasaan Allah.

Melatih Dzikir Kesadaran

Tidak ada cara khusus untuk melatihnya. Bismillah saja dalam hati untuk diberikan pemahaman akan kekuasaan Allah. Sambil menjalani aktifitas. Sesekali saat dzikir seperti biasanya, maknai asma-asma Allah yang kita baca, Sepenuh hati. Sepenuh jiwa.

%d bloggers like this: