08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Memulai bisnis membutuhkan banyak ketidaknyamanan, kegelisahan, ketabahan serta kerja keras untuk memulai bisnis dengan sebuah ide dan memngembangkannya setiap hari. Setiap pembisnis pasti akan melewati masa-masa yang sulit sebelum  dengan pelajaran unik untuk perjuangan dan tantangan.

Pemilik bisnis telah melewati berbagai pembelajaran berharga, mulai dari belajar bagaimana menjalankan sebuah usaha hingga menjadi seseorang pengusaha yang bisa dibilang sukses. di Singapura, terdapat sebuah perusahaan dibidang manajemen aset dan investasi digital.

terdapat sebuah pengalaman dari orang yang bernama Balta yang akan saya ceritakan. Balta ialah seorang pembisnis serta Investor yang kini sudah Berinvestasi di lebih dari 40 perusahaan sejak memulai bisnis. Meski sudah sukses pada usia yang masih tergolong muda, ternyata dia sendiri sebetulnya sudah memulai bisnis dari nol sejak remaja.

Pada saat usia 16 tahun, dia merancang serta membuat game online, berkat usaha dan kemampuannya game nya banyak diminati oleh banyak pengguna sampai dia menjadi investor jutawan setelah menghasilkan jutaan dolar pertamanya pada usia 24 tahun. Tidak hanya kesuksesan wirausaha yang diperhatikan akan tetapi juga semangat filantropis. Ketika ditanya tentang filosofi perusahaan, Balta dengan cepat menunjukkan sejak pertama kali mulai bisnis HyperChain Capital beberapa tahun lalu, filosofinya adalah selalu berbuat baik dalam memulai bisnis.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan serta hasil terbesarnya, Balta membagikan menjadi enam pembelajaran bagi calon wirausahawan seperti berikut.

Jangan takut akan kegagalan

kegagalan sudah biasa dalam memulai bisnis karena kegagalan merupakan sebuah jalan menuju kesuksesan, untuk karena itu nyaman dengan kegagalan itu sangat penting. ketika saya gagal berkali-kali saya terus mencoba dan membangun banyak hal, ”kata Balta.

Dia juga mengaku sering melakukan eksperimen dan mencoba berbagai hal hebatnya lagi, Itu semua dimulainya dari nol. Kurangnya dukungan dan modal pada awal memulai usaha memang kadang membuat kita stres dan frustasi. akan tetapi, ketika kita terus berusaha dan tidak pernah pada takut kegagalan, maka kita akan menerima itu sebagai bagian dari cara kerja sehingga akan lebih mudah dan tidak mudah stress ketika membangun perusahaan.

“Impian setiap pembisnis adalah dapat menjadi orang sukses, tetapi dibalik itu akan selalu ada waktu dan pikiran yang harus dibayar untuk semua itu. Anda juga harus menyadari sepenuhnya bahwa kegagalan adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan, jadi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda,” ujarnya.

Lakukan apa yang disuka dan kuasai

Jika kita benar-benar mencintai dan memiliki minat terhadap apa yang dilakukan, kemungkinan besar Anda akan menikmati apa yang anda lakukan tersebut, hal tersebut adalah hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis seperti yang telah dilakukan oleh banyak pengusaha pemula di masa lalu. Maka dari itu, sebelum memulai usaha, maka Anda harus benar-benar mencintai apa yang akan anda lakukan untuk dapat melewati masa-masa sulit. Jika kita dapat menemukan sesuatu yang disukai dan layak untuk dikejar maka kita akan mendapatkan kenyamanan dan kenikmatan dalam berbisnis.

Pada awal usia 20-an, saya bersemangat untuk membuat game. saat itu  Setelah lima tahun di industri game, saya merasa sangat dekat dengan pasar cryptocurrency(bitcoin) karena kami membuat game dan memonetisasinya melalui barang virtual. Masuk ke  pasar crypto adalah langkah yang pragmatis dan logis untuk dilakukan mengingat pengalaman kerja saya. Karena telah melihat kedalam game bagaimana barang virtual itu dapat memiliki nilai uang yang nyata, kami adalah salah satu pendukung dan investor pertama dalam industri aset digital,” terangnya.

Tips memulai bisnis

Kembangkan strategi untuk mengurangi risiko

Sebagai investor yang baru memulai didalam industri yang bergejolak seperti ini, setiap startup atau bisnis memiliki tingkat risiko yang sangat besar. Strategi utama adalah berinvestasi pada orang-orang, berada di sana sejak diskusi pertama seputar ide dan rencana dan membantu mereka dengan strategi, pendanaan, dan proses.

“Ada banyak hal yang tidak di ketahui akan tetapi berada di lapangan bersama para wirausahawan menurut saya adalah strategi yang baik untuk mengurangi risiko,” ujarnya.

Sebagai seorang pembisnis pemula, Anda juga harus memiliki berbagai strategi untuk mengurangi risiko agar perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang, baik melalui diversifikasi, perencanaan, dan peramalan secara obsesif.

Jangan pernah berhenti belajar dan bekerja

Anda harus rajin berinvestasi dalam bidang pendidikan maupun pembelajaran untuk mendapatkan keuntungan nyata. Ini berarti meluangkan waktu untuk mempelajari

keterampilan baru yang dapat membuat Anda mampu untuk membangun sesuatu yang unik dan diinginkan. Penting untuk anda tetap fokus pada aset yang anda miliki, seperti keterampilan, koneksi, dan pengalaman baru untuk portofolio Anda.

“Hal yang dasar seperti banyakmya membaca dan mencari wawasan untuk bekerja keras sepanjang hari memberi Anda keuntungan jangka panjang yang penting, entah beruntung atau tidak. Dalam sepuluh tahun kedepan, sulit dipercaya bahwa bagaimana hal-hal yang bisa berubah,” jelasnya.

Jangan pernah takut untuk mengeksekusi

Ide bisnis saja tidak terlalu berharga. Jika anda ingin memulai bisnis hingga menjadi orang yang sukses, Anda harus berani untuk menjalankan ide-ide. Anda juga harus memikirkan ide yang masuk akal dalam arti tidak melenceng dari apa yang anda kerjakan, yang terkahir, Eksekusi adalah segalanya dalam memulai bisnis, ide tanpa tindakan sama saja dengan tidak ada apa-apa.

Tips memulai bisnis

Antisipasi masa depan

Mengantisipasi kebutuhan penting dalam pasar yang terus berkembang adalah kualitas penting dari wirausahawan hebat dengan eksekusi yang hebat. Selain itu, pengaturan waktu juga menjadi salah satu komponen yang sangat penting agar kita dapat menjalani hidup dengan nyaman dan teratur.

“Jika anda ingin menjadi pembisnis yang sukses, lupakan hal-hal yang telah dilakukan dan mulailah berfokus untuk menciptakan sesuatu yang baru. Cobalah untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda dan mrmulai hal yang baru, menilai, dan mengukur apa yang bisa dan tidak bisa terjadi di masa depan dengan apa yang terjadi di masa lalu dan apa yang terjadi saat ini,”ujar Balta.

Intinya pada saat memulai usaha kita harus paham betul apa yang kita mulai dan apa yang kita kerjakan, jika anda memulai bisnis cobalah anda memulai bisnis dengan 6 cara/tips diatas, anda mungkin akan menjadi salah satu orang yang sukses di masa depas dengan membaca artikel diatas serta mencontohkannya. orang sukses adalah orang yang mau mencoba dan mau berusaha, tentu dengan memulainya kita juga harus siap mengorbankan waktu, pikiran dan energi yang kita miliki dalam memulai sebuah usaha, memang tidak ada yang instan dalam memulai bisnis semua itu butuh proses yang panjang, mie instan aja perlu dimasak agar dapat dimakan, itulah prinsip harus dimiliki oleh semua orang

%d bloggers like this: