08230 23 111 88 infoiwans@gmail.com

Tips Mendidik Anak. Dalam syair alfiyyah, lagi-lagi yang diulas tentang kalam. Apa sih kalam? bukan hal yang asing, namun ada baiknya kita mencoba membuka pikiran dan melihat sisi unik yang ada di bait alfiyyah.

كَلاَمُــنَا لَفْــظٌ مُفِيْدٌ كَاسْــتَقِمْ ¤ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ الْكَلِمْ

Kalam (menurut) kami (Ulama Nahwu) adalah lafadz yang memberi pengertian. Seperti lafadz “Istaqim!”. Isim, Fi’il dan Huruf adalah (tiga personil) dinamakan Kalim

Tips Mendidik Anak Dengan Kata Positif

Coba perhatikan istilah “mufid”, mufid bisa berarti memberi faidah, tapi sadar atau tidak mufid itu adalah bentuk isim fa’il dari fi’il madhi “afaada”. Dalam pengertian umum, isim fa’il adalah isim musytaq yang memiliki wazan/pola tertentu dan bermakna pelaku.

Istilah isim Faa’il biasanya akan kita temukan dalam ilmu shorof. Contoh isim faail yang sering kita temui misalnya: Kaafirun (كَافِرٌ) -orang kafir-, Haafidzun (حَافِظٌ) -Orang yang menjaga-, Muslimun (مُسْلِمٌ) -orang Islam-, Mu’minun (مُؤْمِنٌ) -orang beriman-, Musaafirun (مُسَافِرٌ) -orang yang safar-, Mujaahidun (مُجَاهِدٌ) -orang yang berjihad-, dan lain lain.

Nah, dengan kata lain, jika kalam atau dalam konteks kita adalah ucapan, maka ucapan itu harus memberi faidah. Tak sekedar berfaidah, bentuk isim fa’il ini seakan-akan menunjukkan arti bahwa kalam/ucapan itu ketika disampaikan bisa memberikan bekas yang terus menerus memberikan pengaruh.

Miturut penelitian:

Semua unsur yang ada dalam diri manusia itu adalah daya (energi), termasuk ucapan.

Lalu bagaimana pengaruh kalam jika dalam konteks seperti berikut ini;

√ keluar karena sebab marah (emosi)

√ akal pikiran

√ hati

Mana yang lebih besar pengaruhnya?

Miturut ilmuwan, gelombang energi yang paling besar muncul dari rasa (hati). Karenanya dulu ada ungkapan “ilmu rasa”.

Dalam konteks parenting, jika ucapan seorang ayah atau ibu disampaikan kepada seorang anak, maka ucapan ini terus tertancam dalam diri dan membuatnya terus berkembang dan semakin baik dan positif.

Lalu ucapan seperti apa itu?

Dalam konsep hypnoparenting ada istilah sugesti. Apapun yang disampaikan kepada anak haruslah positif dan senantiasa dilakukan berulang. Ini bertujuan agar memaksimalkan kemanfaatan dari kalam tadi. Mengapa? salah satu cara agar kalam itu semakin mufid adalah dilakukan berulang.

Selain itu, perlu juga kita mengenal persuatrik. Yaitu beberapa tehnik penyampaian kepada anak namun punya tingkat efektif tinggi.

contoh, menggunakan kata TAPI.

Jika mungkin anak marah kepada kita dan ia berkata, “ayah, mama kok kasar”.

anda bisa menjawabnya dengan pola ini,

“Sayang, mungkin ayah, mama, sedikit kasar kepada kamu, TAPI ayah dan mama sayang kok sama kamu.

Nah, tapi disini memberikan efek menghapus kata sebelumnya. Jadi yang tertanam dalam diri anak adalah “AYAH, MAMA SAYANG KAMU”.

atau menggunakan kata KARENA

Letakkan KARENA di depan untuk membuat apa yang kita sampaikan kepada anak masuk dan mudah diterima.

Contoh, anak mau ujian, tapi belajarnya sambil guyonan.

“Adik, KARENA adik besok mau ujian, akan sangat pas kalau adik belajarnya lebih fokus”.

Nah, kata KARENA memberikan efek agar lebih masuk akal ke dalam diri anak, sehingga mudah diterima. Yang tertanam dalam diri anak adalah masuk akal jika dia harus belajar fokus, karena besok ujian. Selain itu, penekanan kata “PAS” memberikan kesan, owh, yang terbaik saya harus belajar sungguh-sungguh sekarang, karena besok ujian.

Itulah beberapa cara dan rahasia tentang kalam yang perlu dan harus kita ketahui. Smart parenting in simple ways.

Konsep Tips Mendidik Anak seperti ini akan sangat baik jika diterapkan. Banyak dari orang tua/ guru bersikap agak kasar kepada muridnya.

Kemarin sempat menemukan salah satu buku yang tepat bagi pendidik, tanpa kekerasan tentunya. Ini sangat tepat untuk dibaca orang tua dan guru. Terbitan Wade Publish. Pendidikan tanpa Kekerasan. Mengulas bagaimana seorang pendidik/ orang tua bisa menyikapi anak-anak mereka dengan lebih bijak dan jauh dari kekerasan. Jika anda membutuhkannya, saya bisa membantu untuk kontak ke dia.

Bermanfaat?

Silahkan share ya…. 😀

%d bloggers like this: