Peduli Sesama, Pertamina Sulawesi Gelar Donor Darah

Peduli Sesama, Pertamina Sulawesi Gelar Donor Darah

SUARATA, MAKASSAR- PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi menggelar kegiatan donor darah yang dirangkaikan dengan kegiatan VCT HIV/AIDS di Kantor Unit PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi pada Kamis (7/3).

Kegiatan ini sebelumnya sudah dilaksanakan di enam lokasi kerja berbeda yakni di Fuel Terminal Moutong, Fuel Terminal Poso, Integrated Terminal Makassar, Integrated Terminal Bitung, DPPU Hasanuddin, dan Kantor Cabang Manado. Kegiatan ini digelar secara rutin sebanyak empat kali dalam setahun atau menyesuaikan dengan kondisi di lokasi.

Dalam kegiatan donor darah tersebut turut hadir perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Makassar serta Balai Pengembangan K3 Makassar. Dalam pelaksanaannya PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi bekerja sama dengan PMI Kota Makassar.

Dalam acara ini sebanyak 642 orang pendaftar yang terdiri dari Perwira dan Tenaga Alih Daya (TAD) ingin mendonorkan darahnya. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor. Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar yang kecewa.

Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan ada peserta yang masih masa menyusui. Dari hasil skrining diperoleh 552 peserta yang memenuhi syarat sebagai pendonor.

Bagikan: